alexa
logo

bg-h4-whiteKolumnis

Selasa, 17 Oct 2017 | 10:08

Tips jual motor bekas melalui Facebook agar cepat laku

Penulis : Elang - Editor : Elang
img1

img1

Elang

Hai Bro, kebetulan beberapa hari kemarin Elang melakukan transaksi jual beli motor second milik nyonya via FB, nah Elang mau coba review singkat seputar jual beli di ranah online. Elang coba share sedikit tips menjual motor second di Facebook agar cepat laku dan mudah.

Setelah istri minta Elang untuk membantu menjualkan motor Supra X 125 miliknya, maka saat itu Elang langsung terpikir "jual di Facebook", gak terpikir untuk ke Instagram atau FJB Kaskus. Ya udah motor langsung dicuci walau masih bersih biar hasil di foto bisa kinclong dikit. Setelah itu foto-foto dari beberapa angle untuk mewakili dan memberikan gambaran yang jelas ke calon pembeli.

Ohya karena motor ini memang betul-betul terawat sebelumnya maka saat akan dijual tidak ada PR yang mesti dikerjakan untuk menjadikan motor ini layak untuk dipakai, motornya udah siap dipake ngegas. Dan niat istri menjual motor juga gak buru-buru, jadinya jual santai aja, makanya Elang kasih tag harga net gak kurang, hehehe.

Oke yang pertama Elang lakukan adalah upload foto-foto motor terakhir ke halaman timeline FB pribadi dengan menambahkan beberapa keterangan pendukung agar calon buyer cukup mendapatkan info yang jelas. Elang merasa Facebook cukup membantu untuk distribusi informasi jualan disini lebih cepat dengan adanya fitur 'Share' Terbukti beberapa jam dan sampai esoknya ada beberapa teman yang share postingan Elang di timelinenya. Dan asyiknya lagi selang 1 hari Facebook merekomendasikan postingan biasa tadi dijadikan postingan "Selling" yo wis Elang iyakan saja.

Elang juga teringat untuk posting jualan di group motor yang sama untuk lebih meluaskan informasi jualan, akhirnya Elang pilih posting sell item di group FB Supra125Holic.

Gimana hasilnya? Dari 3 orang potensial buyer yang sempat pm ke Elang akhirnya deal dengan pembeli dari Grogol Jakarta Barat di hari kelima. Jauh juga nih pembelinya kalau harus ke rumah, akhirnya disepakati COD di Cibubur Junction. Setelah ketemu dengan buyer transaksi pun berlangsung simpel, cukup cek nomer mesin dan rangka, cek suara mesin dan fungsi lampu-lampu, setelah itu bayar dan serah terima kunci dan BPKB.

Ya begitulah kira-kira pengalaman perdana Elang jual motor second di FB, kalau dibandingkan dengan pengalaman Elang dulu jual motor di FJB Kaskus tahun 2010 lebih cepat juga lakunya, setelah posting sell, 2 hari kemudian pembeli datang ke rumah. Berhubung akun Kaskus Elang sudah diblokir jadinya sudah gak kepikiran lagi jual sesuatu kesana, mungkin sekarang sudah eranya FB dan Instagram.

Last kalau mau jual motor second di manapun entah di FB atau Instagram baiknya produk yang hendak dijual bener-bener diperhatikan kelayakannya. Gak sedikit sering Elang lihat orang jual motor dalam kondisi apa adanya, entah itu sudah kadung full modif atau banyak bagian yang rusak atau ngampleh gak diberesin dulu baru jual sehingga pembeli tertarik. Tapi ya susah juga sih kondisi tiap orang beda-beda, umumnya jual motor kesayangannya karena betul-betul lagi butuh duit alias kepepet, kalau sudah begini bagaimana mungkin untuk mikirin perbaikan motornya.

Kolumnis adalah fitur citizen journalism, setiap konten (teks, foto, video dan infografis) menjadi tanggung jawab kolumnis (penulis) itu sendiri. Redaksi Otojurnalisme.com tidak bertanggungjawab atas segala tuntutan dari pihak manapun atas konten yang ditayangkan oleh kolumnis.
SHARE THIS ARTICLE :

Profile

Elang
elang.otojurnalisme.com

Join Date : Rabu, 19/10/2016 19:57

Pojok Kolumnis


ARIPITSTOP
Aripitsto
Elang
Elang
Dhika
Dhika
Mr. OtoMen
Mr. Otome
SW218
Sw218
Jusripulubuhu
Jusripulu
Bagjaisme
Bagjaisme
Cah Bagus
Cah Bagus

Video

Top Artikel Kolumnis

img1
Sabtu, 18 Nov 2017 - 14:22 wib
Video Silviana saat check up kondisi bahu
img1
Senin, 20 Nov 2017 - 09:30 wib
Kang Dudy Arayata kenalkan Vespa kepada Silviana
logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: redaksi@otojurnalisme.com
Facebook
Twitter