logo

bg-h4-whiteKolumnis

Jumat, 29 Dec 2017 | 09:14

Kepoin Konsumsi BBM Yamaha XMAX 250 dipake harian dan touring

Penulis : Elang - Editor : Elang
img1

img1

Elang

Hai Bro, salah satu variabel yang selalu menjadi pengetesan unit motor baru adalah mengetahui fuel consumption-nya atau konsumsi bahan bakar. Berbicara Yamaha XMAX 250 Elang yakin sebagian besar pemilik big skutik ini tidak mempermasalahkan nilai FC motornya, karena yang dicari dari maxi scooter ini adalah pridenya dan kenyamanan dipakai berkendara jauh.

Namun untuk keperluan manajemen pengisian BBM saat akan melakukan touring atau sekedar ingin mengetahui daya jelajah sang XMAX ketika terisi full tank sanggup melaju berapa kilometer disinilah perlunya mengetahui gambaran konsumsi BBM dari maxi scooter ini. Dan kebetulan Elang berkesempatan selama hampir 1 minggu jajal Yamaha XMAX dalam mode harian maupun touring 1300km PP Jakarta - Yogyakarta mendapatkan gambaran berapa angka fuel consumption dari Yamaha XMAX.

Metode pengukuran Elang lakukan simpel aja memanfaatkan informasi fuel consumption average yang ada di MID dashboard speedometer si XMAX. Jadi gak perlu repot-repot melakukan pengukuran dengan metode top up full to full seperti yang biasa Elang lakukan di motor-motor test selama ini. Yang terpenting sebelum mulai melakukan pengetesan, nilai angka FC average di dashboard Elang reset dulu kembali ke-0 baru kemudian jalan.

Kondisi pertama adalah harian, disini Elang ada 2 hari pakai XMAX wira wiri di dalam kota Jakarta, terlihat dari MID yang disajikan di layar dashboard Yamaha XMAX 250 sanggup irit antara 33-34 kilometer per liternya. Mendapatkan angka ini Elang cukup takjub, tadinya mengira angka FC Yamaha XMAX akan berkisar 25-30 kilometer/liter ternyata melebihi ekspetasi euy.

Gimana ketika XMAX diajak touring luar kota? Ini lebih gila lagi sob, Elang kebetulan ambil rute jalur Selatan yang berbukit-bukit sejak dari Subang, Sumedang, Tasik, Banjar hingga Banyumas. Karena kondisi touring jarang stop n go XMAX sanggup mencatatkan rekor teririt versi Elang Jalanan 39 kilometer per liternya dan hanya sempat turun di angka 38 kilometer/liter saat menanjak di kawasan perbukitan. Weleh luar biasa iritnya.

saat diajak nanjak di perbukitan hanya turun 38km/liter

Analisa Elang kenapa XMAX bisa irit padahal mengusung mesin cc gede 250cc, mungkin karena torsinya yang cukup besar sob sekitar 24Nm, ini paling besar melebihi torsi motor-motor sport 250cc yang ada saat ini. Jadi hanya butuh puntir gas sedikit maka XMAX sudah melaju ringan. Dan memang sepanjang pemakaian Elang lebih sering pantengin throtle gas antara 6000-6500rpm saja, toh di 6500 rpm saja XMAX larinya sudah dapat 100kpj. Nikmatnya berkendara XMAX ada di cruising di kecepatan 80-100kpj sob.

Rekor teririt Yamaha XMAX oleh Elang Jalanan = 39km/liter mode touring luar kota

Nah sudah gak penasaran lagi kan buat sobat biker yang pengen tahu konsumsi BBM si Maxi gambot Yamaha ini, ternyata bisa irit juga motor ini dalam kondisi standar dan pemakaian normal. Kalau ada user XMAX yang mendapatkan FC 25 kilometer/liter di motornya bisa jadi cara bawanya agresif atau sering menghadapi kemacetan yang luar biasa saban hari dan pastinya sudah ganti knalpot racing.

Demikian reviewnya sob, semoga bermanfaat.

Kolumnis adalah fitur citizen journalism, setiap konten (teks, foto, video dan infografis) menjadi tanggung jawab kolumnis (penulis) itu sendiri. Redaksi Otojurnalisme.com tidak bertanggungjawab atas segala tuntutan dari pihak manapun atas konten yang ditayangkan oleh kolumnis.
SHARE THIS ARTICLE :

Profile

Elang
elang.otojurnalisme.com

Join Date : Rabu, 19/10/2016 19:57

Pojok Kolumnis


ARIPITSTOP
Aripitsto
Elang
Elang
Dhika
Dhika
Mr. OtoMen
Mr. Otome
SW218
Sw218
Jusripulubuhu
Jusripulu
Bagjaisme
Bagjaisme
Cah Bagus
Cah Bagus

Video

logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: redaksi@otojurnalisme.com
Facebook
Twitter