logo

bg-h4-whiteKolumnis

Selasa, 02 Jan 2018 | 13:12

Begini sorotan lampu headlamp Yamaha XMAX 250 di malam hari

Penulis : Elang - Editor : Elang
img1

img1

Elang

Hai Bro, lanjut lagi artikel tematik review Yamaha XMAX oleh Elang Jalanan. Sebelum masuk ke artikel pamungkas kupas tuntas sosok Yamaha XMAX, Elang mau ulas sedikit review penerangan lampu headlamp milik XMAX yang Elang jajal beberapa hari lalu.

Fyi, maxi scooter Yamaha XMAX sudah mengaplikasikan lampu LED yang notabene dalam kondisi normal terangnya sudah jauh lebih terang dari bohlam biasa. Seperti halnya motor-motor terbaru saat ini yang rata-rata sudah mengaplikasikan lampu LED semua, jadi mendapati XMAX juga sudah pake lampu LED gimana reviewnya? Yuk langsung aja bro.

Sebaran pencahayaan lampu headlamp Yamaha XMAX cenderung meluas kesamping, tidak fokus di tengah. Hal ini wajar mengingat desain kedua headlamp maxi ini model split yang terpisah jarak beberapa centi, jadi imbasnya sorotan lampunya cukup lebar. Tembakan sinarannya juga tidak terlalu tinggi mirip-mirip NMAX jadi positipnya tidak menyilaukan pengendara dari lawan arah.

sorot lampu dekat Yamaha XMAX 250

 

Kalau untuk penerangan di malam hari ketika cuaca normal penerangan XMAX cukup mumpuni apalagi ketika diajak riding di spot yang gak ada sama sekali penerangan jalan, sorotannya boleh dibilang lumayan terang. Tapi kalau diguyur hujan malam ampun deh kedigdayaan lampu LED seperti tenggelam gak berkutik, mata ini harus ekstra kerja keras memperhatikan kondisi jalanan didepan yang serba putih. Fenomena ini pun sama terjadi di motor-motor lain yang mengusung headlamp dengan lampu LED.

sorot lampu jauh Yamaha XMAX 250, tidak terlalu signifikan beda jaraknya

 

Review kedua, gimana lampu jauhnya? Yang Elang temukan di XMAX ini antara lampu dekat dan lampu jauh perbedaan jarak sorotannya gak terlalu signifikan bro. Maksudnya kalau lampu dekat misalnya punya jarak 30 meter, maka lampu jauhnya hanya berkisar 33 meter, tipis banget bedanya. Nah di XMAX kebetulan ada tombol pass beam, karena lampu jauhnya hanya segitu jadi kalau kasih kode beam ke pengendara lain sepertinya kurang maksimal sorotan kedipannya sob, kurang greget. Alhasil saat touring masuk waktu malam Elang lebih maksimalin penggunaan klakson daripada pass beam. Suara klaksonnya lebih bisa diandelin karena suaranya yang tergolong keras.

Kurang lebih demikian review soal penerangan headlamp Yamaha XMAX 250 ketika dipakai malam hari bro, semoga bisa mendapatkan gambaran dan bermanfaat.

Kolumnis adalah fitur citizen journalism, setiap konten (teks, foto, video dan infografis) menjadi tanggung jawab kolumnis (penulis) itu sendiri. Redaksi Otojurnalisme.com tidak bertanggungjawab atas segala tuntutan dari pihak manapun atas konten yang ditayangkan oleh kolumnis.
SHARE THIS ARTICLE :

Profile

Elang
elang.otojurnalisme.com

Join Date : Rabu, 19/10/2016 19:57

Pojok Kolumnis


ARIPITSTOP
Aripitsto
Elang
Elang
Dhika
Dhika
Mr. OtoMen
Mr. Otome
SW218
Sw218
Jusripulubuhu
Jusripulu
Bagjaisme
Bagjaisme
Cah Bagus
Cah Bagus

Video

logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: redaksi@otojurnalisme.com
Facebook
Twitter