logo

bg-h4-whiteKolumnis

Kamis, 11 Jan 2018 | 10:47

Remote Keyless XMAX 250 ngadat, ternyata ini penyebabnya

Penulis : Elang - Editor : Elang
img1

img1

Elang

Hai Bro, Elang mau share sedikit pengalaman waktu menggunakan Yamaha XMAX 250 beberapa waktu lalu. Ini adalah momen yang gak terbayangkan sebelumnya oleh Elang saat bersama Yamaha XMAX di momen hendak melakukan touring beberapa waktu lalu. Persiapan sudah rapi 1 hari sebelum hari H, motor juga sudah oke normal siap jalan jauh, ternyata saat di hari H momen itu pun terjadi.

Jadi pagi itu saya bersama nyonya mulai mengawali perjalanan touring ke Jogja start jam 6 pagi dari kediaman di Cikeas. Baru berjalan sekitar 300 meter meninggalkan perumahan kok indikator Smart Key di console dashboard berkedip-kedip, weleh ada apa ini. Yo wis karena belum jauh dari rumah Elang putuskan untuk berhenti melipir cek ada apa, perkiraan apa remotenya gak kedetek atau gimana.

Posisi waktu itu lagi berada di gang sempit depan pabrik Mercedes Wanaherang, setelah merapat ke kiri matikan mesin. Coba ulang nyalakan lagi knob keylessnya, nah loh kok sepi, senyap gak ada bunyi klik dan knob gak bisa dioperasikan seketika. Ambil remote di kantong, Elang tekan tombol remotenya sekali, lampu hazard gak menyala seperti sediakala ketika normal. Disini mulai merasa panik, waduh gimana ini, error dimananya, mana motor berat khawatir kalau ada mobil lewat gang sini bisa repot ganggu jalan euy.

Akhirnya coba telpon kenalan dari YIMM tapi belum beruntung baik WA maupun telpon pagi itu belum ada yang respon, masih pada bo2 mungkin. Coba telpon rekan Blogger yang mungkin ngerti masalah ini, awalnya doi ikut bingung apa ya, tapi setelah Elang ceritakan kronologi kalau indikator smart keynya berkedip, doi berasumsi batere remotenya habis, coba diganti.

Hihihi..solusinya terdengar mudah ya, tapi ada 2 masalah setidaknya untuk bisa melakukan solusi yang diberikan oleh doi, pertama pagi-pagi jam 6 begini mana ada toko jam atau toko listrik yang buka, masalah kedua siapa yang jagain nih motor kalau ditinggal beli batere baru. Akhirnya coba duduk relax sebentar dan telpon adik ipar untuk menjemput ke TKP.

Cukup lama juga 15 menit kemudian baru adik datang, sebelum pinjam motor adik untuk cus mencari toko listrik yang buka, Elang izin ke warga di seberang untuk parkirkan XMAX di halaman rumahnya, alhamdulillah bapaknya welcome. Setelah motor aman gak halangi jalan Elang pun cus pinjem motor adik untuk cari batere mercury yang bentuknya persis kayak batere jam tangan.

Hadeuh pagi begini mo cari kemana batu batere mercury begini, toko jam tangan apalagi emang ada sekitar sini. Begitu sampai di perempatan pasar Wanaherang Elang liat ada toko listrik yang sudah buka, Elang penuh harap moga toko ini jualan batere mercury. Elang pun bertanya ke mbak-mbak yang baru merapikan etalase toko yang baru dibuka, alhamdulillah ternyata beneran ada bro. Tipe baterenya adalah Maxell CR2025

Langsung bongkar remote keyless XMAX,   gak perlu obeng cukup gunakan kuku jari kalau punya kuku, setelah diganti memasang ulang remote keylessnya juga cukup mudah asal sudah pas tinggal tekan.

Buat jaga-jaga Elang beli satu lagi buat spare siapa tau nanti ditengah jalan ngadat lagi, tapi sampai disini Elang sebetulnya belum 100% yakin apa ini solusi permasalahan.

Setelah bayar Elang langsung cus gak sabar buat nyamperin si XMAX kembali yang parkir di halaman rumah orang. Ketika sudah dekat Elang coba tekan tombol remotenya lah kok masih senyap, lampu hazard gak respon? Beberapa detik kemudian Elang coba operasikan knob smart keynya ternyata mulai hidup kembali sinyal di dashboard. Alhamdulillah akhirnya XMAX hidup kembali membawa keceriaan, yes langsung beres-beres yang lain dan pamitan sama empunya rumah yang ditumpangi. Tak terasa perjalanan tertunda 1 jam lamanya sejak XMAX ngadat tadi.

Catatan dari cerita momen Elang ini buat antisipasi pengguna XMAX lainnya, apalagi nanti kalau motornya sudah memasuki umur setahun, jangan lupa persiapkan batere remote cadangan simpen di console box buat jaga-jaga kalau ditengah jalan batere remotenya habis. Dan satu lagi bagi yang terlanjur mengalami hal serupa usahakan yakni indikator smart key berkedip biarkan motor tetap menyala jangan dimatikan sampai ketemu toko listrik atau sudah sampai rumah, karena sekalinya mesin dimatikan maka sistem keyless tidak akan bisa diaktifkan sampai batere yang habis diganti.

Dari diskusi di group XMAX, ada juga yang mengalami hal serupa namun penyebabnya bukan karena batere habis (karena baru 3 bulan) melainkan karena posisi motor sedang berada di spot yang interferensi gelombang radionya besar jadi terganggu.

Kolumnis adalah fitur citizen journalism, setiap konten (teks, foto, video dan infografis) menjadi tanggung jawab kolumnis (penulis) itu sendiri. Redaksi Otojurnalisme.com tidak bertanggungjawab atas segala tuntutan dari pihak manapun atas konten yang ditayangkan oleh kolumnis.
SHARE THIS ARTICLE :

Profile

Elang
elang.otojurnalisme.com

Join Date : Rabu, 19/10/2016 19:57

Pojok Kolumnis


ARIPITSTOP
Aripitsto
Elang
Elang
Dhika
Dhika
Mr. OtoMen
Mr. Otome
SW218
Sw218
Jusripulubuhu
Jusripulu
Bagjaisme
Bagjaisme
Cah Bagus
Cah Bagus

Video

logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: redaksi@otojurnalisme.com
Facebook
Twitter