logo

bg-h4-whiteKolumnis


Sabtu, 22 Jun 2019 | 23:07

Honda Genio Meluncur, Intip Spesifikasi dan Perbedaan dengan Honda Scoopy

Penulis : Elang - Editor : Elang
img1

img1

Elang

Hai Bro, per kemarin (21/06) AHM resmi meluncurkan skutik baru pengembangan dari motor konsep Honda G-Concept yang telah diperkenalkan di IMOS beberapa waktu lalu. Sekilas melihat penampilan skutik baru ini banyak yang menyangka ini adalah kembaran Scoopy, tapi ini beda bro, Genio diposisikan bukan sebagai matic retro.

Mengisi segmen diantara Honda BeAT dan Scoopy, Honda Genio membawa desain baru mengusung tema casual dan fashionable. Skutik ini memiliki desain yang lebih compact dibanding Scoopy, dengan rangka baru dan mesin 110 eSP baru Honda Genio lebih menyasar kawula muda yang ingin berekspresi lebih stylish. Penasaran apa-apa saja yang dibawah oleh Honda Genio ini ditengah rapatnya varian skutik Honda? Monggo disimak sob.

Fitur-Fitur Honda Genio

Motor skutik ini hadir dengan beberapa fitur bawaan yang akan memudahkan penggunanya berkendara. Honda Genio dibekali lampu LED pada headlampnya, sedangkan untuk stoplamp dan lampu-lampu sein menggunakan bohlam.

Ada yang keren di area dashboard, disana terpampang speedometer digital yang iconic lengkap dengan ECO indikator, Elang jadi teringat model speedometeter milik Honda Rebel.

Di bawah panel meter, tersedia double inner rack yang keduanya cukup lega untuk menaruh botol minuman 600ml. Kunci pengaman skutik baru ini menggunakan sistem Secure Key Shutter lengkap dengan tombol pembuka jok.

Kapasitas bagasi di bawah jok lumayan lega dengan kapasitas penyimpanan 14 liter. Dan ada satu lagi di dalamnya sudah ada port charger untuk men-charge gadget saat berkendara. Gimana apa gak panas ngecharge HP di bagasi? Soal ini AHM sudah menjawab dengan hasil test selama pengujian, suhu di dalam bagasi antara 35-40 derajata saat pengecasan, ini masih aman.

Soal mesin, walau mengusung mesin dengan kapasitas 110 cc, namun ternyata Honda Genio membawa konfigurasi yang sama sekali baru untuk bore x strokenya. Mesin baru 110 eSP ini memiliki karakter lebih long stroke dengan bore x stroke 47 x 63,1mm, sepertinya lebih mengejar akselerasi skutik baru ini.

Pengembangan mesin baru ini memiliki spesifikasi performa tenaga maksimal 9 PS pada 7000 rpm dan torsi maksimal 9,3Nm pada 5500 rpm. Baik tenaga atas dan torsi lebih kecil sedikit dari Scoopy, namun sesuai karakter long strokenya torsi maksimal dicapai di RPM yang lebih rendah dari Scoopy.

Hal lain yang baru Elang temukan di motor skutik ini adalah penggunaan frame baru bukan lagi model pipa seperti umumnya BeAT, Scoopy atau Vario. Honda membawa sekaligus yang pertama mendesain frame dengan teknologi laser saat pencetakannya yang dinamakan Enhanced Smart Architecture Frame.

Apa sih keunggulan model frame baru ini? Rangka underbone ESAF ini membuat bobot lebih ringan, lincah dan memberi ruang bagasi serta kapasitas bensin yang bisa lebih ditingkatkan. Rangka model ini juga diklaim lebih rigid, dikolaborasikan dengan sistem suspensi Honda membuat pengendalian motor di segala kondisi jalan lebih nyaman.

Dan yang mungkin akan sobat ketahui dari Honda Genio ini nanti adalah bahwa dengan rangka baru, posisi engine mounting mesin skutik ini tidak lagi dibawah sob melainkan sudah menggantung ke atas. Satu lagi yang baru adalah pengaplikasian double CVT pada belt CVTnya, jadi gerigi beltnya sekarang ada di atas dan bawah. Kalau yang biasa gerigi belt kan hanya bagian bawah atau dalam saja sob, detailnya lihat foto di bawah ini.

Yang menarik berikutnya setidaknya dalam opini Elang, Honda Genio hadir dengan penggunaan rim roda 14" dengan ukuran ban depan 80/90-14 dan ban belakang 90/90-14. Jadi sama dengan yang dipakai di skutik Honda lainnya seperti Vario. Dan yang mengejutkan Honda Genio memiliki ground clearance termasuk tinggi 147 mm, ini akan bikin nyaman dan aman melewati polisi tidur gak gampang gasruk walau berboncengan.

Terus apalagi nih yang menarik dari Honda Genio sob? Itu loh pilihan warnanya banyak banget, varian ini hadir dengan tipe CBS dan CBS-ISS. Untuk CBS tersedia 5 warna yang casual dan fashionable sementara tipe tertinggi ISS memilik pilihan 6 warna yang asyik, gak kalah deh ama Scoopy soal striping.

Harga Honda Genio

Lalu gimana soal harganya? Seperti Elang ulas di atas bahwa Genio diposisikan diantara Honda BeAT dan Scoopy. Untuk Honda Genio tipe CBS dibanderol Rp 17,2 juta sedangkan tipe CBS-ISS dibanderol Rp 17,7 juta (On The Road Jakarta).

Untuk ketersediaan sobat kudu bersabar karena baru bulan Agustus nanti Genio mulai didistribusikan ke seluruh jaringan dealer AHM. Dan melihat angka produksi skutik baru ini, AHM terlihat optimis dengan mematok target penjualan 500 ribu unit per tahun. Selanjutnya menarik nih apakah hadirnya Genio akan menggerogoti ceruk Honda Scoopy yang sudah laris manis, atau seperti apa nanti di depan.

Next di artikel selanjutnya Elang akan ulas video review dan test ride Honda Genio, semoga bisa menambah referensi sobat yang sedang mencari skutik fungsional namun casual dan fashionable.


Kolumnis adalah fitur citizen journalism, setiap konten (teks, foto, video dan infografis) menjadi tanggung jawab kolumnis (penulis) itu sendiri. Redaksi Otojurnalisme.com tidak bertanggungjawab atas segala tuntutan dari pihak manapun atas konten yang ditayangkan oleh kolumnis.
SHARE THIS ARTICLE :

Profile

Elang
elang.otojurnalisme.com

Join Date : Rabu, 19/10/2016 19:57

Pojok Kolumnis


ARIPITSTOP
Aripitsto
OtoXplore
Otoxplore
Elang
Elang
Rilis
Rilis
Dhika
Dhika
Rider
Rider
Mr. OtoMen
Mr. Otome
Otowheel
Otowheel

Video

logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter