logo

bg-h4-whiteKolumnis


Selasa, 21 Jan 2020 | 14:14

All New BeAT Series Kini dengan Mesin dan Frame Baru, Harga Mulai 16 jutaan

Penulis : Elang - Editor : Elang
img1

img1

Elang

Hai Bro, hari ini bertempat di JIEXPO Kemayoran, Jakarta (16/01) AHM merilis versi terupdate skutik 17 juta umatnya, yap skutik terlaris Honda ini hadir dengan platform sama sekali baru. Apa aja yang baru sob?

Yang pertama adalah dari sektor rangka, All New Honda BeAT 2020 kini menggunakan rangka baru dengan teknologi ESAF. Pastinya sobat udah familiar donk dengan rangka baru ini, karena rangka ini sebenarnya sudah dipakai di generasi Honda Genio yang dirilis tahun lalu.

eSAF (enhance Smart Architecture Frame) dikembangkan sebagai platform rangka baru beberapa model skutik Honda karena memiliki beberapa keunggulan seperti bobot yang lebih ringan 8% dari tipe pipa, memiliki feedback kestabilan yang baik bagi pengendara saat melewati jalanan bergelombang dan rangka eSAF nyaris tidak memiliki titik stress sehingga menghasilkan handling yang lebih ringan.

Lalu apa lagi yang baru bang Elang? Seperti sobat temukan di judul, All New Honda BeAT kini juga menggendong mesin baru yang tak lain adalah common dengan generasi mesin baru Honda Genio 110 juga. Mesin baru ini punya konfigurasi bore x stroke 47mm x 63.1mm, diklaim lebih bertenaga dengan modal power output sebesar 9 PS pada 7.500 rpm dan torsi maksimal 9.3 Nm pada 5.500 rpm. Sampai disini ketara banget karakternya sob, lebih ngejar torsi khas mesin dengan konfigurasi overstroke, dan perbandingan kompresinya pun jadi naik 10 : 1 sob.

Dari penggunaan mesin baru 110 eSP ini All Ne w BeAT memiliki akselerasi yang bagus dari 0-200 meter ditempuh dalam 12.5 detik. Sementara untuk top speed mesin baru ini mampu mencapai 94 km/j, ini hasil tes internal AHM.

Diklaim lebih irit seberapa irit? Berdasarkan hasil pengukuran internal AHM mesin baru ini memiliki konsumsi BBM 60.6km/liter dengan ISS On. Hasil ini bisa diartika juga skutik All New BeAT mampu menempuh jarak 254 kilometer saat BBM terisi penuh. Ohya kapasitas BBM skutik ini ada peningkatan menjadi 4.2 liter sob. Soal emisi ternyata generasi paling uptodate skutik entry level AHM ini masih Euro 3.

Ohya untuk kapasitas oli juga beda nih, kini hanya cukup isi 0.65 liter aja sob kalau ganti oli.

Nah selain rangka dan mesin baru, yang gak kalah menariknya dari launching skutik terbaru AHM hari ini adalah penyematan fitur-fitur baru yang lebih kekinian yang menjadikan motor ini punya value yang patut dipertimbangkan.

Soal desain dulu nih, ada yang bilang (dari kolom komentar channel Youtube Elang) kaau desain Honda BeAT terbaru ini ada kemiripan sedikit dengan Vario 110 yang baru saja di-discontinue oleh AHM. Tapi kalau sobat lihat langsung motornya, jelas beda gak ada mirip-miripnya dengan Variem 110.

All New BeAT 2020 kini sudah dibekali lampu LED dengan desain headlamp yang agak sipit sob, keren lho kalau liat langsung. Melihat ke area dashboard kini mendapat sentuhan baru warna backround  kebiruan di balik speedometer yang kini dengan model Combined Digital Panel Meter. Di dalam dashboard baru ini tersedia eco indikator sebagai panduan ketika ingin berkendara irit.

Untuk memberikan kenyaman, kini membuka jok cukup lewat tombol di Secure Key Shutter. Sementara ketinggian tempat duduk masih tergolong frendly dengan tinggi 740mm, dijamin sobat yang tinggi 160cm bisa napal sempurna kedua kakinya saat berhenti.

Ohya mengikuti frame Genio, ground clearance All New Honda BeAT juga lumayan tinggi sob 147mm. Ini kabar baik tentunya, jaminan aman dari gasruk polisi tidur di komplek.

Sementara untuk kaki-kaki, All New BeAT dibekali dengan ban tubeless depan ukuran 80/90-14 dan ban belakang ukuran 90/90-14. Ohya untuk velg juga mendapatkan update velg model baru nih sob. Untuk bobotnya sendiri mulai dari 89kg (CBS) dan 90kg (CBS-ISS)

Skutik terbaru ini hadir dalam 3 tipe sob, lumayan banyak ya, mulai dari tipe CBS dengan pilihan warna Funk Red Black, Techno Blue White, Hard Rock Black dan Dance White

All New Honda BeAT CBS dibanderol dengan harga mulai Rp 16,45 juta.

Untuk tipe CBS-ISS tersedia warna Garage Black, Electro Blue, Fusion Magenta Black.

Untuk All New Honda BeAT CBS-ISS dijual Rp 17,15 juta.

Sedangkan varian tertinggi Honda BeAT terbaru yakno Deluxe(CBS-ISS) tersedia dua warna yakni Deluxe Black dan Deluxe Silver.

Sementara untuk All New Honda BeATCBS-ISS Deluxe Series seharga Rp 17,25 juta. Ohya untuk tipe tertinggi ini AHM bekali skutik entry level ini dengan power outlet untuk men-charge HP, keren.

Lantas gimana dengan saudaranya All New Honda BeAT Street? Sama sob mendapat pembaharuan yang sama baik rangka maupun mesin baru serta lampu LED. Bedanya hanya aplikasi setang fatbar dan digital speedometer.

Honda BeAT Street 2020 tersedia dalam 3 warna yakni Street Black, Street Silver dan dual tone  Street Silver Black. Model ini dipasarkan dengan harga Rp.17.150.000,- (OTR Jakarta)

 


Kolumnis adalah fitur citizen journalism, setiap konten (teks, foto, video dan infografis) menjadi tanggung jawab kolumnis (penulis) itu sendiri. Redaksi Otojurnalisme.com tidak bertanggungjawab atas segala tuntutan dari pihak manapun atas konten yang ditayangkan oleh kolumnis.
SHARE THIS ARTICLE :

Profile

Elang
elang.otojurnalisme.com

Join Date : Rabu, 19/10/2016 19:57

Pojok Kolumnis


ARIPITSTOP
Aripitsto
OtoXplore
Otoxplore
Dhika
Dhika
Elang
Elang
Rilis
Rilis
Rider
Rider
ZonaVanza
Zonavanza
Otowheel
Otowheel

Video

logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter