logo

bg-h4-whiteKolumnis


Selasa, 24 Sep 2019 | 21:57

AHM Ajak Blogger Lihat Langsung Produksi Rangka ESAF di Plant Cikarang

Penulis : Elang - Editor : Elang
img1

img1

Elang

Hai Bro, beberapa waktu lalu Elang bersama rekan-rekan Blogger mengunjungi Plant 3 AHM Cikarang. Ternyata AHM ingin mengajak kami untuk melihat langsung produksi Honda Genio di plant Honda.

Tiba di Plant 3 lebih cepat dari jadwal awal karena alhamdulillah lalu lintas dari tol Sunter hingga kawasan MM2100 lancar jaya, hanya 1 jam tiba di lokasi. Sementara rekan-rekan Blogger lain yang bermotoran dari Cileungsi dan Depok belum pada sampai, Elang surprise juga ketika tau tumben IWB riding naik motor :D

Begitu Blogger dan Vlogger lengkap, acara pun dimulai. Seperti biasa diawali sambutan dari Bu Istiyani dan arahan safety induction oleh tim Factory untuk SOP berkunjung di dalam pabrik. Yang pasti policy disini cukup ketat mas bro soal kamera, semua kamera HP kita disegel dengan sticker biar gak ambil foto sembarangan.

Langsung kita diajak ke line produksi Honda BeAT Street dari atas, karena Elang sudah pernah beberapa kali melakukan plant visit maka pemandangan kesibukan operator melakukan perakitan motor menjadi hal biasa. Elang justru sudah gak sabar untuk langsung ke plant baru AHM tempat dimana rangka ESAF Honda Genio diproduksi.

Keluar dari plant produksi Honda BeAT, kita menuju gedung baru yang ternyata adalah plant khusus untuk produksi rangka Honda Genio. Betul sob hanya memproduksi rangka ESAF tok, gak ada yang lain.

Begitu masuk dan mengenakan safety helmet, Elang terkesima dengan pemandangan di depan mata. Ada 4 mesin stamping press raksasa yang hanya 1 sedang beroperasi mengeluarkan suara super bising. Mesin ini sejatinya mencetak dan membentuk lempeng baja melalui tekanan tinggi dari atas. Kalau gak salah inget frame ESAF Honda Genio terdiri dari 6 lempeng baja yang dibentuk dan dilas menggunakan laser robotic.

Nah berbicara soal laser, setelah keluar dari mesin stamping press raksasa tadi, lempeng baja yang sudah dibentuk tadi dioper ke bagian pengelasan dengan sebelumnya dirangkai dengan komponen lain seperti leher segitiga, dudukan footstep, dll. Setelah itu masuk ke ruang pengelasan laser, sebuah robot telah siap melakukan pengelasan dengan sistem laser, asli sob pemandangan yang menarik melihat pengerjaan robot-robot ini, begitu presisi.

Bedah Mesin Honda Genio 110 eSP

Setelah puas melihat proses perakitan motor dan melihat proses pembuatan rangka ESAF di plant baru. Berikutnya kami diajak untuk workshop bedah mesin Honda Genio yang kinyis-kinyis. Jujur pengalaman kali ini bagi Elang pribadi terasa lebih berbobot karena sebelum ini tiap launching skutik baru seperti BeAT, Vario maupun PCX belum pernah diadakan sesi workshop beda mesin skutik yang Elang ikuti.

Nah di kesempatan kali ini dengan Elang coba gali lebih dalam untuk mengenal cara kerja CVT dan mesin Honda Genio khususnya. Jika selama ini hanya tau teori doank (Lorenzo Style) tapi kemarin Elang dibikin terang benderang tentang bagaimana mesin baru dan sistem CVT di Honda Genio. Dari proses demo praktik bongkar blok mesin dan CVT kemarin, Elang jadi melek banyak hal.

Diantaranya kenapa area dalam CVT matic perlu dibersihkan secara berkala, faktor-faktor yang bisa menyebabkan efek gredek di motor matic, cara kerja roller, efek jika menerjang banjir, dll.

Pokoknya paket komplit deh minggu-minggu kemarin, setelah weekend sebelumnya lalu jajal riding Honda Genio keliling Jakarta, kali ini berlanjut melihat langsung pembuatan rangka ESAF Genio dan bedah mesin baru Genio, pastinya pengetahuan para Blogger soal Honda Genio ini bisa lebih komprehensif.


Kolumnis adalah fitur citizen journalism, setiap konten (teks, foto, video dan infografis) menjadi tanggung jawab kolumnis (penulis) itu sendiri. Redaksi Otojurnalisme.com tidak bertanggungjawab atas segala tuntutan dari pihak manapun atas konten yang ditayangkan oleh kolumnis.
SHARE THIS ARTICLE :

Profile

Elang
elang.otojurnalisme.com

Join Date : Rabu, 19/10/2016 19:57

Pojok Kolumnis


ARIPITSTOP
Aripitsto
OtoXplore
Otoxplore
Elang
Elang
Rilis
Rilis
Dhika
Dhika
Rider
Rider
Mr. OtoMen
Mr. Otome
Otowheel
Otowheel

Video

logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter