logo

bg-h4-whiteKolumnis


Rabu, 29 Jan 2020 | 10:26

Wahana Beri Pelatihan Safety Riding bagi Komunitas Honda ADV Jakarta

Penulis : Elang - Editor : Elang
img1

img1

Elang

sebagai komunitas yang baru terbentuk dari kesamaan visi misi pengguna sepeda motor Honda ADV 150, HAI Jakarta langsung digandeng Asosiasi Honda Jakarta  (AHJ) untuk mendapatkan pembekalan keselamatan berkendara.

AHJ bersama tim promosi Safety Riding Wahana pun menggelar acara pelatihan safety riding bagi HAI Jakarta bertempat di safety riding center Wahana Jatake.

Elang notabene sebagai Blogger yang juga sering mendapatkan pelatihan di fasilitas safety riding center Wahana ini tetap antusias dengan kegiatan ini. Bersama rekan-rekan HAI Jakarta menyimak materi yang disampaikan oleh Pak Sis soal kesadaran #Cari_Aman dalam berkendara dan di jalan raya.

Pak Sis yang sudah mengajar safety riding selama 24 tahun di Wahana memaparkan hal seputar faktor-faktor penyebab kecelakaan, fatalitas disebabkan kecelakaan, teknik pengereman dan pentingnya penggunaan safety gear yang mumpuni.

Sesi teori kelar, jam 10 peserta digelandang ke area praktek safety riding Wahana, kali ini Instruktur Agus Sani yang mengajarkan dan mendemokan sesi praktek.

Sebelum mulai seperti biasa peserta melakukan pemanasan dulu (stretching) dilanjut dengan pemaparan pengecekan kendaraan sebelum jalan.

Lanjut ke sesi pertama praktek adalah sesi pengereman, mas Agus Sani mendemokan 3 kali praktik pengereman dimana ditunjukkan bagaimana jarak pengereman jika hanya menggunakan rem belakang saja, bagaimana jika menggunakan rem depan saja. Dan yang tepat adalah penggunaan rem depan belakang secara bersamaan hingga menghasilkan jarak pengereman yang optimal.

Sesi selanjutnya kita diajak modul slalom dan cornering figure 8, dilanjutkan dengan mencoba modul keseimbangan narrow plank di bagian ujung sirkuit. Peserta dibagi 2 kelompok, sebagian di modul lainnya yakni mencoba Low Speed Balance yang tergolong baru 2 tahun terakhir ini.

Jujur bagi Elang yang menantang adalah mempraktikan keseimbangan di low speed balance ini sob, karena selain terhitung baru, Elang juga jarang latihan di modul ini. Benar aja setelah dicoba berkali-kali di spot tikungan akhir Elang masih gagal ban menabrak cone :D

Karena penasaran Elang minta mas Agus Sani demokan pakai si Linea karena feel yang Elang rasakan spot di bagian akhir kok agak lebih sempit dari 2 spot awal.

Wkwkwk..begitu dicoba mas Sani, si Linea sukses aja tuk dipakai meliuk-liuk cantik melewati berbagai tikungan sempit tanpa menyentuh cone. Emang butuh jam terbang ini sob.

Last di sesi penutupan acara, mas Agung sebagai perwakilan dari AHJ mengajak untuk perwakilan komunitas HAI Jakarta ada yang ikut ke kompetisi antar komunitas yang rencananya akan diadakan di bulan Februari besok.

Setiap tahun dalam kompetisi safety riding Honda, memang kelas komunitas gak pernah absen sob. AHJ setelah menyaring juara di tingkat regional Jakarta Tangerang, akan membawa 2 juara perwakilan komunitas ke level nasional. Hadiah ikut kompetisi ini gak tanggung-tanggung sob, 1 unit sepeda motor bagi juara 1.

Thx Wahana Honda dan AHJ sudah mengundang Honda ADV Indonesia Chapter Jakarta untuk pembekalan safety riding ini. Semoga kesadaran anggota yang ikut bisa terbuka dan bisa menularkan ke yang lainnya. Dan semoga ada perwakilan dari HAI Jakarta nanti yang bisa ikut kompetisi safety riding antar komunitas.


Kolumnis adalah fitur citizen journalism, setiap konten (teks, foto, video dan infografis) menjadi tanggung jawab kolumnis (penulis) itu sendiri. Redaksi Otojurnalisme.com tidak bertanggungjawab atas segala tuntutan dari pihak manapun atas konten yang ditayangkan oleh kolumnis.
SHARE THIS ARTICLE :

Profile

Elang
elang.otojurnalisme.com

Join Date : Rabu, 19/10/2016 19:57

Pojok Kolumnis


ARIPITSTOP
Aripitsto
OtoXplore
Otoxplore
Elang
Elang
Rilis
Rilis
Dhika
Dhika
Rider
Rider
ZonaVanza
Zonavanza
Mr. OtoMen
Mr. Otome

Video

logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter