logo

bg-h4-whiteKolumnis


Rabu, 24 Jun 2020 | 21:09

Selalu Ngebut di Jalan? Coba Koreksi Manajemen Waktu Berkendaranya

Penulis : Elang - Editor : Elang
img1

img1

Elang

Hai Bro, banyak dari kita yang punya kebiasaan ngebut di jalan raya. Berbagai alasan dikemukakan ketika ditanya kenapa ngebut? Mulai dari ngejar waktu, sudah telat atau mungkin alasan lain ingin merasakan sensasi motornya.

Sebagai pengemudi yang defensive harus bisa mengantisipasi potensi yang bisa menyebabkan kecelakaan, salah satunya adalah faktor ngebut.

Ngebut sih bukan gak boleh, tapi sesuaikan dengan kondisi lalu lintas. Elang via tulisan ini lebih mencoba ingin merubah mindset ngebut yang menjadi kebiasaan, mosok tiap hari berangkat ngantor harus ngebut terus?

   

 

Jika alasan ngebut yang telah menjadi kebiasaan adalah karena ngejar waktu biar gak telat, maka ada yang harus diubah. Muncul pertanyaan kembali, kenapa harus ngebut, berarti ada yang salah dengan manajemen waktu berkendaranya.

Jika waktu yang dibutuhkan untuk menempuh jarak dari rumah ke kantor dengan kondisi lalu lintas normal bisa ditempuh dalam 1 jam, maka cobalah mulai beri spare 30 menit lebih awal berangkatnya untuk mengantisipasi kondisi lalu lintas agar bisa tetap tepat waktu sampai di tujuan.

Berangkat lebih awal, tiba lebih awal

 

Terlambat berarti siap menanggung resiko di tujuan, tidak bisa ditebus dengan skill berkendara! Dalam kondisi jalan yang sama, bedanya antara kita ngebut dengan berkendara santai saja berapa menit sih? Sementara saat berkendara dengan ngebut atau terburu-buru tentu memperbesar resiko kecelakaan, resiko yang sebetulnya tidak perlu. Belum lagi gara-gara terburu-buru kita juga membahayakan sesama pengguna jalan lainnya.

Kalau memang betul atas alasan emergency, misal hidup dan mati Elang bisa pahami. Tapi kalau alasannya tiap hari takut telat cuman karena macet, lalu terburu-buru, berarti ada yang salah dalam mengatur waktu. Saya sulit menerima alasan klasik seperti telat bangun, lha sudah besar kok masih nggak bisa bangun pagi teratur? Bisa beli alarm? Tidur malamnya lebih awal kalih? Atau jalanan macet karena hujan? Hmmm lagi-lagi sulit diterima, kalau macet kemudian jalanan banjir (genangan), ya sudah mau gimana lagi. Tapi terlambat karena hujan saja tentu sulit diterima.


Kolumnis adalah fitur citizen journalism, setiap konten (teks, foto, video dan infografis) menjadi tanggung jawab kolumnis (penulis) itu sendiri. Redaksi Otojurnalisme.com tidak bertanggungjawab atas segala tuntutan dari pihak manapun atas konten yang ditayangkan oleh kolumnis.
SHARE THIS ARTICLE :

Profile

Elang
elang.otojurnalisme.com

Join Date : Rabu, 19/10/2016 19:57

Pojok Kolumnis


ARIPITSTOP
Aripitsto
OtoXplore
Otoxplore
Dhika
Dhika
Elang
Elang
Rilis
Rilis
Rider
Rider
ZonaVanza
Zonavanza
Mr. OtoMen
Mr. Otome

Video

logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter