logo

bg-h4-whiteKolumnis


Kamis, 31 Dec 2020 | 21:07

Jaga Batas Kecepatan Aman Selama di Jalan Raya

Penulis : Elang - Editor : Elang
img1

img1

Elang

Hai Bro, di penghujung tahun 2020 ini puncak musim liburan sudah keliatan walau masih dalam suasana penerapan protokol kesehatan.

Dalam tema liburan ini Elang coba menulis masalah keselamatan berlalu lintas, karena biasanya saat-saat puncak musim liburan selalu saja dibarengi dengan data-data meningkatnya angka kecelakaan dibanding hari biasa.

Sebelum berangkat, pastinya baik pengguna mobil maupun kendaraan roda dua sudah mempersiapkan kendaraannya untuk siap diajak perjalanan jauh. Step-step inspeksi kendaraan mulai dari cek kondisi ban dan piranti pengereman, cek oli dan kalau perlu sudah melakukan service rutin.

Kendaraan sudah OK, lanjut ke pengemudinya pastikan dalam kondisi fit untuk siap melakukan perjalanan baik jarak sedang maupun jauh. Jika sakit apalagi dalam kondisi sekarang ini pengamanan Covid19 lagi ketat-ketatnya lebih baik putuskan dirumah aja jika berencana keluar kota.

Balik lagi ke judul artikel, saat di jalan berapa sih batas kecepatan yang aman biar fokus ke jalan tetap terjaga? Simpelnya adalah samakan atau atur ritme kecepatan menyesuaikan kecepatan sekitar.

Makanya di sepanjang jalan ada rambu-rambu batas kecepatan yang dipasang untuk dipatuhi pengguna jalan.

Disini Elang cuma mau sharing dari kebiasaan riding santai selama ngurir di jalanan. Kalau di motor kecepatan aman dan terkendali ada di range 40 - 60kpj. Bagi pengguna mobil yang baru beralih ke sepeda motor jaga kecepatan di range ini fokus terhadap antisipadi bahaya di jalanan akan lebih mudah gak butuh effort.

Sedangkan untuk mobil, khususnya dalam konteks di jalan tol, range kecepatan aman adalah di 60 - 80 kpj. Walau dalam praktiknya di jalan tol dalam kota banyak yang suka lari 100kpj namun kembali lagi ini sebagai patokan aman, bagi pengguna motor yang baru beralih ke roda empat khususnya di tol, cukup jaga kecepatan di range ini untuk memudahkan fokus terhadap bahaya di jalanan.


Kolumnis adalah fitur citizen journalism, setiap konten (teks, foto, video dan infografis) menjadi tanggung jawab kolumnis (penulis) itu sendiri. Redaksi Otojurnalisme.com tidak bertanggungjawab atas segala tuntutan dari pihak manapun atas konten yang ditayangkan oleh kolumnis.
SHARE THIS ARTICLE :

Profile

Elang
elang.otojurnalisme.com

Join Date : Rabu, 19/10/2016 19:57

Pojok Kolumnis


ARIPITSTOP
Aripitsto
OtoXplore
Otoxplore
Dhika
Dhika
Elang
Elang
Rilis
Rilis
Otowheel
Otowheel
ZonaVanza
Zonavanza
Rider
Rider

Video

Top Artikel Kolumnis

logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter