logo

bg-h4-whiteKolumnis


Rabu, 09 Jan 2019 | 21:59

Prilaku Berbahaya Pengendara Sepeda Motor yang sering dilakukan (Part 1)

Penulis : Elang - Editor : Elang
img1

img1

Elang

Hai Bro, sudah lama Elang pengen merangkum berbagai prilaku pengendara motor yang cukup berbahaya di jalan umum. Kadang begitu gemesnya setiap melihat prilaku serampangan pengendara motor di jalanan yang mengundang bahaya, kalau gak pakai helm dan melanggar rambu-rambu itu sudah pasti bahaya, namun prilaku berikut cukup membuat geleng-geleng kepala seolah gak kenal bahaya.

Apa sih bahaya itu? Bahaya adalah segala sesuatu yang bisa menyebabkan kerugian, kerusakan, kehilangan bahkan kehilangan nyawa. Dalam konteks di jalan raya begitu kendaraan bergerak di depan begitu banyak potensi bahaya yang siap-siap membayangi. Maka jadi pengendara yang aman adalah pengendara yang selalu melihat dan berpikir jauh kedepan untuk selalu antisipasi bahaya di jalan.

Berikut adalah rangkuman beberapa prilaku pengendara motor yang sering ditemui di jalanan dan tanpa disadari mengundang bahaya, baik bahaya terhadap diri sendiri maupun bahaya untuk orang lain.

  • Suka menggunting dalam manuver

Ini adalah salah satu yang paling bikin kesal kalau ketemu pemotor yang doyan menggunting saat bermanuver. Tanpa memikirkan kendaraan dibelakangnya langsung main gunting aja saat nyalip. Tak jarang banyak kejadian kecelakaan disebabkan oleh aksi manuver ini, karena aksi menggunting ini motor di belakang tersenggol dan jatuh karena kaget.

Lalu bagaimana cara bermanuver yang aman khususnya saat ingin mendahului? Pastikan jangan langsung pindah jalur tanpa cek spion dan menoleh sekilas kesamping.

  • Tidak menurunkan kecepatan di pertigaan atau persimpangan

Ini adalah kebiasaan buruk yang sering ditemui, gak peduli di depan ada gang tempat keluar masuk bahkan di persimpangan bukannya mengurangi kecepatan malah tetap dalam kecepatan. Bagaimana jika tiba-tiba ada kendaraan keluar dari gang? Maka berhati-hatilah dan kurangi kecepatan setiap ketemu pertigaan atau persimpangan.

  • Suka lambat di tengah jalan

Ini mungkin banyak dilakoni oleh kaum emak-emak, namun sekarang banyak juga dari beberapa temen-temen ojek online mirip-mirip kelakuannya. Kalau emak-emak merasa jalanan sendiri jadi bebas pilih lajur mana, sementara temen-temen ojol fokus ke layar HP padahal motor berjalan lambat ditengah.

Kadang berjalan lambat di kiri jalan aja berbahaya, apalagi ini ditengah jalan lebih berbahaya. Lambat saja bukan jaminan aman di pinggir jalan, tapi prilaku yang aman adalah sesuaikan kecepatan dengan kecepatan lalu lintas di sekitar sehingga tidak mengganggu arus pengendara lainnya.

  • Merokok sambil berkendara

Kolumnis adalah fitur citizen journalism, setiap konten (teks, foto, video dan infografis) menjadi tanggung jawab kolumnis (penulis) itu sendiri. Redaksi Otojurnalisme.com tidak bertanggungjawab atas segala tuntutan dari pihak manapun atas konten yang ditayangkan oleh kolumnis.
SHARE THIS ARTICLE :

Profile

Elang
elang.otojurnalisme.com

Join Date : Rabu, 19/10/2016 19:57

Pojok Kolumnis


Rilis
Rilis
ARIPITSTOP
Aripitsto
Elang
Elang
OtoXplore
Otoxplore
Dhika
Dhika
Mr. OtoMen
Mr. Otome
Otowheel
Otowheel
SW218
Sw218

Video

logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter