logo

bg-h4-whiteKolumnis


Selasa, 31 Dec 2019 | 23:18

Review Bracket Kucay di Honda ADV 150

Penulis : Elang - Editor : Elang
img1

img1

Elang

Hai Bro, pulang dari riding liburan kemarin (PP 1.400 km Jakarta - Semarang - Jogja) Elang bawa banyak oleh-oleh cerita yang tentunya akan jadi bahan tulisan di blog ini, setidaknya untuk 1-2 minggu kedepan.

Salah satu yang mau Elang angkat jadi bahan ulasan kali ini adalah soal bracket top box yang Elang pakai di Linea (panggilan untuk ADV 150 Elang).

Jelang waktu keberangkatan touring yang mepet kemarin, Elang putuskan cari online bracket aftermarket untuk dipasangkan di ADV. Setelah browsing-browsing Elang putuskan bracket statis dari Kucay yang bermarkas di Lampung.

Edan setelah bayar dan transaksi via WA, barang langsung sampai besok lusanya alias 2 hari. Termasuk cepet euy padahal nyeberang laut itungannya.

Singkat cerita setelah barang sampai Elang langsung pasangkan sendiri bracket statis Kucay di rumah. Gak butuh waktu lama karena memang plug n play, hanya saja grip pegangan bawaan ADV kudu dilengserkan, gak bisa terpasang bersamaan.

Secara bahan, memang ketebalan plat bracket ini agak tipis hanya 5mm, masih tebalan bracket custom yang terpasang di MX Strada dengan ketebalan 7mm. Namun dari las-lasannya terlihat rapi dan karena di ADV bracket ini ditopang oleh 4 baut, maka kekuatannya bisa diandelin menurut Elang, dipakai durasi lama juga sepertinya anti ngampleh ????

Ada kendala saat bracket sudah terpasang berikut top box Shad SH45, ketika dicoba boncengan, ternyata posisi duduk pembonceng mentok terlalu mepet ke box. Duh langsung puter otak mana touring udah mepet besok paginya, alhasil bongkar ulang dudukan baseplat box Shad.

Setelah hampir satu jam meraba-raba, gagal menemukan posisi dudukan baut yang pas termasuk jika menggunakan plat W. Akhirnya baseplat terpasang ke bracket Kucay hanya ditopang oleh 2 baut dari yang sebelumnya perfect 4 baut.

Pastinya cemas donk dan ragu dengan kekuatan dudukan baseplat yang hanya ditopang 2 baut? Karena sudah gak ketemu solusi, akhirnya sisanya Elang ikat menggunakan kabel ties yang kebetulan dirumah ada stock kabel ties yang lumayan tebal.

Nah gimana reviewnya setelah dipakai riding jarak jauh 1.400km kemarin? Waktu riding top box Shad sempat Elang kasih muatan barang bawaan, pakaian, dll kurang lebih beratnya 5-6kg. Awalnya Elang sedikit ragu untuk gas poll si Linea dalam kecepatan tinggi karena ingat dudukan baseplat tadi hanya ditopang 2 baut. Tapi begitu masuk jalan Pantura Elang yakinkan diri kalau berkat bantuan kabel ties tadi baseplat cukup kokoh terikat di bracket.

Yo wis sepanjang perjalanan Pantura Linea diajak speeding dalam kecepatan tinggi 100-105kpj, hasilnya Honda ADV 150 memang juara soal melibas Pantura, body antep dan mesin tetap halus (minim getaran di setang), bahkan terpaan angin Pantura dari arah depan seolah tidak menghalangi laju Linea konstan di 105kpj.

Kembali ke soal bracket Kucay, menurut Elang dari review perjalanan ini terbukti bracket statis Kucay cukup kuat dan kokoh walau berbahan tipis. Masukan dari Elang untuk produsen Kucay di Lampung khusus untuk bracket statis Honda ADV ini adalah tolong agak dipanjangi 3cm mundur untuk lengkungan baseplatnya, sehingga ketika terpasang box spasi ruang pembonceng tidak terlalu mentok.

Last monggo yang tertarik dengan bracket ini terpasang di ADVnya, bracket ini bisa ditebus dengan harga yang tergolong murah 200 ribu. Banyak dijual online atau langsung aja ke IGnya Kucay Indonesia. Yang punya pengalaman pakai bracket ini di Honda ADV 150, monggo sharing reviewnya di kolom komentar, suwun.


Kolumnis adalah fitur citizen journalism, setiap konten (teks, foto, video dan infografis) menjadi tanggung jawab kolumnis (penulis) itu sendiri. Redaksi Otojurnalisme.com tidak bertanggungjawab atas segala tuntutan dari pihak manapun atas konten yang ditayangkan oleh kolumnis.
SHARE THIS ARTICLE :

Profile

Elang
elang.otojurnalisme.com

Join Date : Rabu, 19/10/2016 19:57

Pojok Kolumnis


ARIPITSTOP
Aripitsto
OtoXplore
Otoxplore
Dhika
Dhika
Elang
Elang
Rilis
Rilis
Rider
Rider
ZonaVanza
Zonavanza
Mr. OtoMen
Mr. Otome

Video

logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter