logo

bg-h4-whiteKolumnis


Rabu, 25 Mar 2020 | 22:36

Restorasi New Jupiter MX 135 2011, Susahnya Cari Velg Lebar Ori MX!

Penulis : Elang - Editor : Elang
img1

img1

Elang

Hai Bro, sejak punya motor kedua Honda ADV 150 di Nopember 2019 lalu, Elang mulai berpikir untuk mulai jadwalkan restorasi MX Strada. Hal ini dikarenakan kondisi motor  satu-satunya yang selama ini dipakai terus tanpa jeda, membuat beberapa komponen terlihat usang dimakan umur.

Tema restorasi yang Elang rencanakan terhadap MX Strada ini gak neko-neko, bener-bener mau memulihkan kondisi motor kembali segar dengan penggantian part-part body dan juga daleman mesin. Jadi istilahnya selain fresh tampilan body juga sehat luar dalam.

Maka dari itu ada beberapa agenda yang perlu menjadi PR untuk dilakukan dalam fase restorasi MX Strada ini.

Agenda pertama adalah mengganti kedua velg motor dengan velg baru ori bawaannya. Selanjutnya mengganti unit speedometer yang sudah lama mati dan mengganti tebeng tengah bagian dalam yang kudu diganti karena gak enak dipandang mata sejak Elang lubangi yang awalnya buat colokan charger namun FAIL :D

Agenda yang ketiga adalah merambah ke sektor mesin alias dirasa perlu untuk service besar. Salah satu alasan untuk masuk jadwal service besar karena mesin udah terasa lebih boros BBMnya dan tenaga juga berat.

Ganti Speedometer baru, kembali ke 0 ya

Nah untuk urusan pengantian part-part body Elang larikan ke bengkel Yamaha Mekar Motor Cibinong. Sebagai dealer baru dan masuk kategori besar tadinya Elang pikir untuk pemesanan part-partnya lebih gampang dan cepat indennya.

Elang pun meluncur ke Mekar Motor Cibinong untuk inden velg depan dan belakang NJMX 2011. Langsung inden dengan DP 50%, sekalian Elang pesan unit speedometer dan tebeng dalam.

Waktu berjalan, setelah 2 minggu kok gak ada kabar dari dealer menghubungi Elang balik, akhirnya Elang inisiatif telpon duluan. Dari situ baru ketauan ternyata stock velg belakang NJMX 2011 di POD Yamaha Pusat kosong belum produksi lagi. Namun untuk part-part lainnya termasuk velg depan available.

Duh Elang mulai bingung dan teringat klaim APM Yamaha beberapa waktu silam ketika NJMX 135 ini di-discontinue. Klaim APM (gak hanya Yamaha) mengatakan akan menjamin ketersediaan spart part motor-motor yang sudah discontinue sampai 10 tahun sejak produksinya dihentikan.

Nah dihitung-hitung sejak discontinue dari 2015, waktunya baru jalan 5 tahunan tapi kok spare part velg lebar NJMX bisa kosong dan gak diproduksi lagi?

Yo wis sebagai konsumen hanya bisa menunggu kapan ada kebijakan dari Yamaha pusat untuk produksi velg belakang ini, semoga akan kembali tersedia demi  kepuasan konsumen motor lawas.

Akhirnya Elang balik ke bengkel Mekar Motor Cibinong untuk melakukan pemasangan part-part yang ada dulu yang sudah dipesan. Speedometer baru penunjukkan odometer otomatis kembali ke 0. Ohya sekalian komstir juga Elang ganti karena udah berumur.

Service Besar di Bengkel Zona Speed

Setelah selesai restorasi bagian body walau gak tuntas, selang 2 minggu kemudian Elang pun jadwalkan masuk service besar area mesin ke bengkel Zona Speed yang tak lain adalah Blogger Aripitstop

Kenapa gak di bengkel resmi service besarnya mas? Hm.. bukan gak percaya beres tapi berhubung punya link mekanik handal Aripitstop rasanya lebih nyaman aja kalau dipegang mekanik yang sudah dikenal.

Setelah blok atas dibongkar baru ketauan kondisi mesin selama ini. Ternyata piston masih OK, namun blok silinder setelah diukur lek Aripitstop kondisinya udah di ambang batas maksimal. Ini artinya kalau tetap dipakai sudah gak boleh geber sampai limit, hihihi..

Sementara kondisi klep, batang seher masih OK, yang diganti bearing camshaft, impeller shaft (punya pompa radiator) sisanya part-part yang diganti standar service besar seperti gasket, o-ring, ring piston, dan sekalian ganti oli, yamacoolant, filter oli, filter udara dan busi.

Setelah di service besar, MX Strada tarikannya kembali enteng dan nampaknya kudu inreyen 500km dulu sebelum nantinya akan dipakai secara normal.

Setelah ini Elang belum ada agenda ganti part-part lainnya selain masih menunggu velg lebar MX Strada dulu. Kalau memungkinkan nanti mungkin fairing depan, samping dan belakang juga mau diganti biar bener-bener fresh seperti baru :)


Kolumnis adalah fitur citizen journalism, setiap konten (teks, foto, video dan infografis) menjadi tanggung jawab kolumnis (penulis) itu sendiri. Redaksi Otojurnalisme.com tidak bertanggungjawab atas segala tuntutan dari pihak manapun atas konten yang ditayangkan oleh kolumnis.
SHARE THIS ARTICLE :

Profile

Elang
elang.otojurnalisme.com

Join Date : Rabu, 19/10/2016 19:57

Pojok Kolumnis


ARIPITSTOP
Aripitsto
OtoXplore
Otoxplore
Dhika
Dhika
Elang
Elang
Rilis
Rilis
Rider
Rider
ZonaVanza
Zonavanza
Mr. OtoMen
Mr. Otome

Video

logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter