logo

bg-h4-whiteKolumnis


Sabtu, 31 Oct 2020 | 23:38

Review Pemakaian Kanvas Rem Depan ADV150, Boros Bener!

Penulis : Elang - Editor : Elang
img1

img1

Elang

Hai Bro, di ulasan kali ini Elang ingin berbagi review soal part kanvas rem di Honda ADV150. Menarik dan menjadi perhatian Elang karena part satu ini cenderung cepat habis walau gaya pengereman normal

Seperti sobat ketahui, Honda ADV150 tersedia dua versi untuk sistem pengeremannya, tipe ABS dan tipe CBS. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya.

Untuk ABS memberikan tingkat safety lebih tinggi mencegah roda depan terkunci saat terjadi panik braking. Walau hanya roda depan namun sudah cukup efektif sistem ABS di ADV ini.

Sementara di tipe rem CBS (Combi Brake System) menawarkan kemudahan pengereman roda depan dan belakang hanya dengan menekan tuas rem belakang saja.

Nah kebetulan Linea ADV milik Elang adalah tipe CBS, kanvas rem depan varian ini memiliki 3 piston, berbeda dengan varian ABS yang hanya terdiri dari 2 piston.

Kalau soal pakem, pengereman di Honda ADV150 termasuk pakem. Namun sayangnya usia pakai kanvas rem depan tergolong boros banget.

Dari catatan Elang di Linea ADV, kanvas rem depan (tipe CBS) mulai menipis habis di jarak 8000 km. Kudu cepat-cepat diganti dengan kanvas baru.

Jangan sampai lewat dari 9000 km atau piringan cakram siap-siap kemakan kanvas. Dan ini terjadi di Linea, Elang baru ngeh setelah lewat 9000 km ternyata kanvas rem sudah memakan piringan cakram.

Kanvas rem depan tipe CBS beli di AHASS harganya lumayan 125 ribu plus ongkos pasang 50rb total 175 ribu :D

Karena dipakai untuk operasional jasa kurir, 8000 km di Linea ADV cepet banget bisa tercapai hanya dalam 2-3 bulan sob. Elang mulai kepikiran untuk cari kanvas rem aftermarket yang lebih awet usia pakainya, minimal awet sampai 12 ribu kilometer.

Adakah sobat biker yang punya referensi kanvas rem bagus untuk ADV/PCX tipe CBS?


Kolumnis adalah fitur citizen journalism, setiap konten (teks, foto, video dan infografis) menjadi tanggung jawab kolumnis (penulis) itu sendiri. Redaksi Otojurnalisme.com tidak bertanggungjawab atas segala tuntutan dari pihak manapun atas konten yang ditayangkan oleh kolumnis.
SHARE THIS ARTICLE :

Profile

Elang
elang.otojurnalisme.com

Join Date : Rabu, 19/10/2016 19:57

Pojok Kolumnis


ARIPITSTOP
Aripitsto
OtoXplore
Otoxplore
Dhika
Dhika
Elang
Elang
Rilis
Rilis
Otowheel
Otowheel
ZonaVanza
Zonavanza
Rider
Rider

Video

Top Artikel Kolumnis

logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter