logo

bg-h4-whiteKolumnis

Jumat, 13 Jan 2017 | 06:31

Apresiasi upaya Suzuki Motor Indonesia merecovery layanan aftersales jaringan bengkelnya

Penulis : Elang - Editor : Elang
img1

img1

Elang

Hai Bro, tahun 2017 menjadi tahun tonggak keseriusan Suzuki Motor Indonesia untuk kembali bangkit setelah beberapa tahun terakhir grafik penjualannya menurun terus bahkan perolehan marketshare di tahun lalu turun dibawah 1%. Bukan apa-apa, tercatat hanya ada 2 line up yang menjadi pentolan penjualan Suzuki disaat kompetitor jor-joran mengeluarkan berbagai tipe.

Suzuki Satria 150 FU FI dan Suzuki Address menjadi andalan mereka selama ini ya jelas kurang nendang. Masalah gak sampai disitu bro, tercatat di 2 tahun terakhir banyak bengkel-bengkel Suzuki yang memutuskan untuk menutup bisnis layanan service motor Suzuki dan beralih fungsi ke usaha lain.

Hal yang wajar sebagai konsumen, setelah srek dengan motor baru, hal yang kemudian terpikirkan adalah nanti dimana servicenya, spare partnya gampang apa enggak. Nah hal inilah yang disadari oleh Suzuki. Tidak hanya gembor-gembor 2 produk terbaru mereka yakni GSX-R150 dan GSX-S150, Suzuki diberitakan sedang akan membenahi layanan aftersalesnya bro dengan menggandeng bengkel-bengkel biasa sebagai bengkel Mitra Suzuki.

Target untuk tahun ini diperkirakan akan ada 300 bengkel mitra Suzuki yang bekerjasama, seperti Elang kutip dari ungkapan Seiji Itayama selaku  Marketing Division PT Suzuki Indomobil Sales kepada Kompas;

“Bengkel mitra Suzuki sampai Maret akan berkembang sampai 300 per tahun ini, kita harapkan ada produk baru dan akan nambah lagi. Saya lihat jaringan Suzuki agak demotivate ya jadi kalau tidak untung pasti tutup, ya mudah-mudahan tahun ini berkembang lagi di beberapa kota baru,”

Sementara info dari Yohan Yahya selaku Dept. Head Marketing & Sales 2W, PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) kepada kompas, untuk jangka pendek menargetkan bengkel mitra Suzuki baru untuk Pulau Jawa dulu.

“Ya kita bekerja sama dengan beberapa bengkel, kita juga menjalin khususnya mantan-mantan mekanik kita juga yang mereka jadi mereka buka sendiri segala macam, targetnya 200an bengkel mitra Suzuki, menginduk kepada main diler secara servis dan spare part ada,”

“Dominan masih banyak di Jawa ya ya bukan tidak mungkin kalau mereka besar ya jadi satu jaringan kita juga, memang mereka bisa melayani servis itu yang kita kejar juga kalau nggak ada trademark (Authorized Suzuki) itu kan ada keraguan dari konsumen tapi kan ada trademark itu kan konsumen jadi yakin,”

Last upaya Suzuki Motor Indonesia untuk menyediakan jaringan bengkel mitra Suzuki ini patut diapresiasi, setidaknya dengan kehadiran bengkel-bengkel tempat service motor Suzuki ini memberikan rasa aman dan nyaman di hati konsumen motor Suzuki. Semoga sukses buat Suzuki Motor Indonesia.

Kolumnis adalah fitur citizen journalism, setiap konten (teks, foto, video dan infografis) menjadi tanggung jawab kolumnis (penulis) itu sendiri. Redaksi Otojurnalisme.com tidak bertanggungjawab atas segala tuntutan dari pihak manapun atas konten yang ditayangkan oleh kolumnis.
SHARE THIS ARTICLE :

Profile

Elang
elang.otojurnalisme.com

Join Date : Rabu, 19/10/2016 19:57

Pojok Kolumnis


ARIPITSTOP
Aripitsto
Elang
Elang
Dhika
Dhika
Mr. OtoMen
Mr. Otome
SW218
Sw218
Rilis
Rilis
Jusripulubuhu
Jusripulu
Cah Bagus
Cah Bagus

Video

logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter