logo

bg-h4-whiteKolumnis


Kamis, 23 Feb 2017 | 16:49

Berapa sih jarak tempuh maksimal rata-rata kalau turing seharian?

Penulis : Elang - Editor : Elang
img1

img1

Elang

Hai Bro, Indonesia dari sananya sudah menawarkan pesona keindahan alam yang membentang dari Sabang hingga ke Papua. Siapapun biker yang punya hobi travelling dengan sepeda motor (aka turing) memimpikan suatu saat nanti ingin untuk berkeliling nusantara. Tak mesti berkeliling penuh se-nusantara, bisa menuntaskan keliling satu pulau saja kepuasannya sudah lebih dari cukup.

Nah gegap gempita keinginan untuk turing tersebut tetap ada hitung-hitungan gak asal gas pol, minimal jarak tempuh ketauan berapa lama. Contoh case, butuh berapa lama perjalanan bro n sis misalkan ada rencana berkeliling pulau Jawa? Pertanyaan-pertanyaan ini tentu perlu dijawab jika kita sedang merencanakan sebuah perjalanan.

Nah Elang coba sharing berapa sih jarak tempuh maksimal rata-rata yang sanggup kita lalui jika kita turing seharian. Seharian versi Elang disini bukan berarti 24 jam gas pol ya, namun masih dalam batas sewajarnya kemampuan rata-rata yakni 12 jam. Ritmenya dimulai dari jam 6 pagi hingga stop di jam  6 sore, walau lebih dari itu banyak biker yang masih mampu namun ini diluar topik bahasan artikel kali ini.

Dari pengalaman Elang yang sudah-sudah, gunakan pola riding dan istirahat 120/15, maksudnya? Artinya setiap 120 menit riding (2 jam) istiratkan badan/mesin motor selama 15 menit. Pola ini terbukti manjur menjaga stamina pengendara tetap fit dan gak terlalu capek di perjalanan. Coba yuk kita bikin lebih detail.

  • berangkat jam 6, jam 8 pagi istirahat 15 menit
  • jam 8.15 lanjut lagi riding, istirahat kembali jam 10.15 selama 15 menit
  • jam 10.30 lanjut riding, jam 12.30 break istirahat isoma (60 menit)
  • jam 13.30 lanjut ngegas, jam 15.30 break istirahat 30 menit (sholat)
  • jam 16.00 lanjut riding, jam 18.00 finish, cari hotel/penginapan

Dari ritme di atas, total waktu dipakai untuk istirahat adalah 120 menit aka 2 jam, so efektif waktu riding adalah 10 jam.

Dari pengalaman selama ini kalau riding luar kota dengan motor dibawah 250cc bisa memperoleh kecepatan rata-rata 40 km dalam 1 jam, artinya jika bro n sis turing seharian ala ritme tadi maka jarak tempuh yang dicapai kurang lebih 10x40 km = 400 km. Lumayan jauh tapi tidak terasa capai.

Yang perlu jadi catatan, ini adalah hitung-hitungan dalam kondisi ideal ya, dalam praktiknya di perjalanan selalu ada saja kemungkinan hambatan-hambatan semisal ban bocorlah, kendala di motor lah, etc yang membuat waktu terbuang untuk menunggu hingga motor bisa dipakai kembali melanjutkan perjalanan.

So gambaran kasar kalau bro n sis berniat turing seharian, jarak 300-400 kilometer bisa dijadikan patokan dalam perhitungan rencana perjalanannya. Semoga bermanfaat.


Kolumnis adalah fitur citizen journalism, setiap konten (teks, foto, video dan infografis) menjadi tanggung jawab kolumnis (penulis) itu sendiri. Redaksi Otojurnalisme.com tidak bertanggungjawab atas segala tuntutan dari pihak manapun atas konten yang ditayangkan oleh kolumnis.
SHARE THIS ARTICLE :

Profile

Elang
elang.otojurnalisme.com

Join Date : Rabu, 19/10/2016 19:57

Pojok Kolumnis


ARIPITSTOP
Aripitsto
OtoXplore
Otoxplore
Elang
Elang
Rilis
Rilis
Dhika
Dhika
Rider
Rider
Mr. OtoMen
Mr. Otome
ZonaVanza
Zonavanza

Video

Top Artikel Kolumnis

img1
Minggu, 19 Jan 2020 - 09:54 wib
Melihat 9 Pilihan Warna All New Honda Beat
img1
Senin, 13 Jan 2020 - 11:22 wib
RAT CB Komphacs
logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter