logo

bg-h4-whiteKolumnis


Sabtu, 18 May 2019 | 22:43

Tips Berkendara Tetap Nyaman Selama Puasa

Penulis : Elang - Editor : Elang
img1

img1

Elang

Hai Bro, tak terasa sudah masuk di bulan Ramadhan puasa hari ke-13. Gimana kabarnya sobat pembaca semua, semoga masih dalam kondisi prima menjalankan ibadah puasa bagi yang menjalankan.

Beberapa saat lagi musim mudik akan tiba, sambil ngabuburit Elang ingin berbagi tips berkendara saat menjalankan ibadah puasa, bagaimana berkendara tetap nyaman dan terhindar dari dehidrasi selama perjalanan. Karena tak dipungkiri apalagi bagi teman-teman Ojol misalnya narik di bulan puasa mungkin dirasa berat, apalagi makin kesini terik matahari semakin panas membakar.

Bagaimana pula nanti dengan temen-temen yang punya agenda mudik naik motor saat puasa, apakah harus batalkan puasanya? Nah dari sedikit pengalaman Elang saat berkendara seharian di bulan puasa, ada beberapa tips yang bisa sobat coba berikut ini.

Tips Mudik

Berpuasa berarti menahan dan belajar sabar, esensi ini yang coba diaplikasikan dalam berkendara. Menahan laju kecepatan dari biasanya dan bersabar dengan kondisi sekitar ini menjadi kunci untuk meminimalisir tubuh jangan sampai dehidrasi. Karena kalau sudah dehidrasi, fokus berkendara akan berkurang dan ini beresiko di jalan.

Untuk menghindari dehidrasi, hal yang pertama perlu diperhatikan adalah saat berakselerasi, kalau tips Elang lebih manfaatkan momentum ketimbang berakselerasi. Maksudnya gimana bro? Jadi putar gasnya cukup perlahan dan linear hingga motor mendapatkan momentum bergerak. Menarik gas terlalu dalam sambil berakselerasi akan menguras lebih banyak energi dan bisa menyebabkan dehidrasi.

Yang kedua adalah soal pengereman, gunakan pengereman yang smooth, mengerem tak perlu badan sampai ketarik kedepan akibat pengereman yang terlalu kasar. Malah kalau bisa selama puasa kasih jarak pengereman lebih jauh dari biasanya, misal dari kejauhan sudah melihat lampu merah mengerem cukup dengan menutup putaran gas tanpa menarik handle rem sama sekali.

Dua hal sederhana di atas bila sobat praktikan saat berkendara seharian khususnya di musim mudik nanti, bisa membantu mengurangi dehidrasi. Pahami safety riding maka berkendara saat berpuasa tidaklah akan terasa berat. Orang yang mengerti esensi safety riding cara berkendaranya akan lembut bro, baik dalam berakselerasi maupun pengereman.

Mudik seharian pake motor jika berkendara dengan santai dan gak terlalu ngoyo, puasanya Insyaallah akan tetap kuat. Kalau soal cuaca panas dan terik siang hari itu tinggal pinter-pinter aja cari rute yang adem sob. Usahakan setiap 2 jam sekali istirahat di tempat yang aman atau posko-posko mudik, syukur-syukur bisa dapet tempat rebahan walau sejenak.

Tips lainnya untuk persiapan mudik agar puasa tetap prima selama perjalanan menggunakan motor, saat sahur coba konsumsi sari kurma, asupan makanan berserat ini akan membantu kondisi badan tetap prima seharian.  Dan jangan lupa saat sahur perbanyak konsumsi minum air putih, minimal 3 gelas besar.

Semoga bermanfaat dan selamat mudik, safe ride!


Kolumnis adalah fitur citizen journalism, setiap konten (teks, foto, video dan infografis) menjadi tanggung jawab kolumnis (penulis) itu sendiri. Redaksi Otojurnalisme.com tidak bertanggungjawab atas segala tuntutan dari pihak manapun atas konten yang ditayangkan oleh kolumnis.
SHARE THIS ARTICLE :

Profile

Elang
elang.otojurnalisme.com

Join Date : Rabu, 19/10/2016 19:57

Pojok Kolumnis


ARIPITSTOP
Aripitsto
Elang
Elang
OtoXplore
Otoxplore
Rilis
Rilis
Dhika
Dhika
Rider
Rider
Mr. OtoMen
Mr. Otome
Otowheel
Otowheel

Video

logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter