logo

bg-h4-whiteKolumnis


Selasa, 28 Feb 2017 | 10:15

Tips perawatan Helm untuk harian di musim hujan

Penulis : Elang - Editor : Elang
img1

img1

Elang

Intro dulu seputar helm, helm merupakan salah satu perangkat safety gear yang amat penting untuk perlindungan kepala, amit-amit jika terjadi benturan akibat kecelakaan. Nah kesadaran untuk penggunaan helm sangatlah penting untuk dilatih sejak dini, berkendara hanya ke depan komplek yang berjarak 500 meter pun coba dilatih dan dibiasakan untuk selalu mengenakan helm.

Nah sebagai piranti yang amat penting untuk aktivitas berkendara, maka helm perlu mendapatkan perawatan maupun perlakuan yang telaten agar usia pakai helm lebih awet (bisa maksimal 3 tahun). Sebagai informasi, helm yang bekas jatuh dari parkiran pun secara harfiahnya sudah berkurang kemampuan daya redamnya, nah jika bro n sis sudah paham betul fungsi keamanan dari sebuah helm, pasti nyesek begitu tau helm jatuh dari motor ataupun parkiran.

Selain itu dan kebetulan saat ini masih musim hujan, Elang coba sajikan beberapa tips praktis bagaimana memperlakukan dan merawat helm selama musim hujan.

  1. Ketika hujan umumnya biker suka mengusap kaca visor untuk menghilangkan air atau kotoran yang mengganggu penglihatan, apalagi di waktu riding malam. Nah kebiasaan ini jika sering dilakukan lama kelamaan di permukaan visor akan timbul baret-baret halus, yang semakin lama bisa bikin kaca visor semakin buram.

    Nah tipsnya kalau hujan lebih baik sapu/usap dengan menggunakan tangan langsung, artinya sarung tangan lebih baik dilepas atau ganti glove khusus yang berbahan halus. Khawatirnya permukaan glove yang berbahan kasar bisa menimbulkan goresan-goresan di visor.

    Momen mengusapnya pun kalau bisa dikala turun hujan agak deras, jadi sembari jari mengusap dibantu air hujan yang menyirami visor.
  2. Setelah habis dipakai kehujanan, nah ini yang kadang biker suka salah menanganinya, keseringan main jemur atau malah dibiarkan apek disimpan tanpa dikeringkan terlebih dahulu. Helm yang habis kehujanan disarankan langsung segera dikeringkan dengan angin, bisa menggunakan kipas angin atau blower. Jika visor terlalu kotor ada baiknya langsung dibersihkan dengan kain kanebo halus dengan sedikit sunlight, usap dengan lembut dan cukup satu arah, setelah itu keringkan dengan kipas angin.

Intinya helm jangan dikeringkan dibawah terik matahari langsung, karena bisa mengurangi tingkat density dan performa busa sebagai bagian penting komponen untuk meredam benturan.


Kolumnis adalah fitur citizen journalism, setiap konten (teks, foto, video dan infografis) menjadi tanggung jawab kolumnis (penulis) itu sendiri. Redaksi Otojurnalisme.com tidak bertanggungjawab atas segala tuntutan dari pihak manapun atas konten yang ditayangkan oleh kolumnis.
SHARE THIS ARTICLE :

Profile

Elang
elang.otojurnalisme.com

Join Date : Rabu, 19/10/2016 19:57

Pojok Kolumnis


ARIPITSTOP
Aripitsto
OtoXplore
Otoxplore
Dhika
Dhika
Elang
Elang
Rilis
Rilis
Otowheel
Otowheel
ZonaVanza
Zonavanza
Rider
Rider

Video

logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter