logo

bg-h4-whiteKolumnis


Senin, 12 Feb 2018 | 22:13

Iseng Test Konsumsi BBM NJMX Umur 7 tahun, iritnya konsisten

Penulis : Elang - Editor : Elang
img1

img1

Elang

Hai Bro, memasuki pertengahan bulan Februari 2018 ini MX Strada sebagai motor harian Elang selama ini genap memasuki usia tujuh tahun pemakaian. New Jupiter MX 135 lansiran tahun 2011 ini bagi Elang adalah motor yang istimewa, jarang rewel, desain memuaskan pandangan mata sekaligus punya karakter.

Terkait judul mungkin ada sobat pembaca yang bertanya ngapain sih motor sudah jadul dan sudah discontinue lama masih dikepoin berapa konsumsi bahan bakarnya, nah pasti ada cerita dibalik dilakukannya sesi pengukuran FC pada MX Strada  Elang :D Apa kira-kira, ada yang bisa nebak?

Sebetulnya pure ini adalah catatan saja buat Elang pribadi, buat acuan berapa sih kondisi terakhir konsumsi BBM saat MX Strada masih bermesin 135cc saat ini. Nah loh eng ing eng.. Yap kalau gak ada halangan dalam 1-2 bulan ini Elang akan modif dapur pacu MX Strada jadi 150cc, tinggal nunggu timing yang tepat aja nih sob, nah sampai disini sudah paham kan background dari review ini :D okey kalau begitu monggo dilanjut bacanya sob.

Fyi, NJMX menggunakan karburator tipe vakum yang membuatnya lebih irit dari versi old Jupiter MX 2005-2010. Dulu sewaktu baru di MX Strada sendiri mampu meraih angka konsumsi BBM 44km setiap liternya. Mesin NJMX 135 juga meneruskan teknologi andalan guhe yakni Forged piston dan Diasil cylinder yang membuat performa mesin tetap terjaga walau usianya mulai ujur *dengan catatan selalu rutin penggantian oli dan service.

Oke langsung aja ke pokok bahasan review pengetesan konsumsi BBM si MX Strada. Metode yang Elang pakai masih tetap sama metode top-up full to full, jadi isi penuh full tank terlebih dahulu, lalu catat kilometer di odometer dan monggo bawa jalan minimal dapat 50 km. Dalam koridor pengetesan ini Elang gak pake riding ala eco riding, pokoknya tetap seperti biasa riding style Elang yang suka speeding di kecepatan 80-90 kpj kalau ketemu jalanan lowong. Plus tidak mengharamkan boncenger untuk ikut riding selama pengetesan berlangsung 3 hari (lama bener)

Oke isi full pada tanggal 7 Februari menggunakan BBM Pertamax di Harjamukti Cibubur, catat kilometer menunjukkan 57.198km Hari itu Elang bawa MX Strada ke Kemayoran meliput launching skutik premium Honda. Tanggal 8 Februari Elang bawa MX Strada main ke MM Bekasi via Narogong, tau sendiri gimana kondisi lalinnya karena saat itu diterpa hujan deras, macet panjang bo + melibas banjir di dua titik sepanjang Jalan Narogong, dari situ lanjut lagi ke Pondok Gede ta'ziah ke rumah duka sahabat.

jarum menunjuk posisi E sebelum kembali isi full tank

Nah Jum'at tanggal 9 Februari baru isi bensin lagi di Leuwinanggung Cibubur, posisi jarum tepat di garis E. Coba jepret odometer menunjukkan jarak tempuh terakhir menjadi 57.351 km, setelah isi full tank dengan motor distandar tengah, minta struk terlihat jumlah BBM Pertamax yang dimasukkan untuk kembali penuh (full tank) seperti semula adalah 3,68 liter, nah sekarang tinggal hitung pakai rumusan sederhana.


Kolumnis adalah fitur citizen journalism, setiap konten (teks, foto, video dan infografis) menjadi tanggung jawab kolumnis (penulis) itu sendiri. Redaksi Otojurnalisme.com tidak bertanggungjawab atas segala tuntutan dari pihak manapun atas konten yang ditayangkan oleh kolumnis.
SHARE THIS ARTICLE :

Profile

Elang
elang.otojurnalisme.com

Join Date : Rabu, 19/10/2016 19:57

Pojok Kolumnis


ARIPITSTOP
Aripitsto
Rilis
Rilis
Elang
Elang
OtoXplore
Otoxplore
Dhika
Dhika
Mr. OtoMen
Mr. Otome
SW218
Sw218
Holiday Driving Experience
Holiday D

Video

logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter