logo

bg-h4-whiteKolumnis


Minggu, 04 Mar 2018 | 07:57

Vlog Test Konsumsi BBM Yamaha Vixion R, Kepoin Iritnya

Penulis : Elang - Editor : Elang
img1

img1

Elang

Hai Bro, kembali lagi kita artikel tematik review Yamaha Vixion R, salah satu variabel yang ingin diketahui dari motor ini adalah berapa konsumsi bbmnya dalam penggunaan normal atau harian.

Yamaha Vixion R adalah sport naked teranyar dari YIMM yang datang dengan segudang fitur dan peningkatan performa mesin yang signifikan. Sudah mahfum di kelas ini, selain performa konsumen juga nuntut konsumsi bbm yag irit di motor sportnya. Nah gimana dengan Vixion R ini, mampukah mengakomodir tuntutan irit ini? Monggo dilanjut.

Unit test yang Elang peroleh langsung Elang gelandang melakukan short touring ke Puncak via Bukit Pelangi. Rasanya rute dan kondisi jalanan dari homebase Elang di Cikeas menuju Bukit Pelangi cukup bisa mengakomodir kebutuhan pengetesan berbagai sisi termasuk untuk mengukur konsumsi BBM si Vixi.

Trip 2 direset dulu ke nol

 

Pagi itu Elang berboncengan dengan nyonya, isi full tank BBM Pertamax di SPBU Wanaherang belakang rumah. Setelah isi full tank Elang coba melipir untuk mereset Trip 2 dan juga reset informasi Average fuel consumption di Vixi, oke semuanya kita mulai dari nol ya..

Average FC BBM direset juga ke nol

Perjalanan dimulai menyelusuri Jalan Wanaherang - Gunung Putri hingga Citeureup. Sengaja pilih rute ini karena untuk mencari spot macetnya bro untuk mewakili konteks pengukuran konsumsi bbm ini. Pokoknya judulnya pake si Vixion R apa adanya, gak ada diirit-iritin, kena macet ya hayuk, ketemu jalanan lowong ya geberrr.. Yang tau Jalan Gunung Putri - Citeureup pasti tau gimana kondisi kemacetannya, dipenuhi truk-truk tronton pabrik-pabrik, mirip-mirip kondisi Tanjung Priuklah.

Tiba di Bukit Pelangi Vixion R mulai diajak riding nanjak dengan bobot dua orang bersama boncengan, wis pokoknya disini gaspol di gigi 3 karena memang mau tau gimana daya climbing si Vixi dengan posisi gigi 3 di tanjakan, hasilnya motor ini enteng banget buat nanjak, no complain.

Sampai di Gadok kita lanjut ke Puncak tapi hanya sebatas sampai pom bensin pertama aja karena Elang lihat jarak trip sudah 41 kilometer. Oke sudah cukup yang artinya PP pasti dapat 80an kilometer nanti sampai rumah, sudah cukup untuk mewakili jarak pengukuran.

Singkat cerita sesampainya di rumah Elang perhatikan Trip 2 sudah tercatat 86 kilometer, dan langsung saja kepoin konsumsi BBMnya, Elang tekan tombol MID avg fuel consumption, hasilnya dalam format L/100km. Di dashboard keluar angka konsumsi 2.2L/100km yang artinya 100/2.2 = 45.45km/liter

Total Trip 86,7 kilometer PP Cikeas - Puncak

Kolumnis adalah fitur citizen journalism, setiap konten (teks, foto, video dan infografis) menjadi tanggung jawab kolumnis (penulis) itu sendiri. Redaksi Otojurnalisme.com tidak bertanggungjawab atas segala tuntutan dari pihak manapun atas konten yang ditayangkan oleh kolumnis.
SHARE THIS ARTICLE :

Profile

Elang
elang.otojurnalisme.com

Join Date : Rabu, 19/10/2016 19:57

Pojok Kolumnis


ARIPITSTOP
Aripitsto
Elang
Elang
Rilis
Rilis
OtoXplore
Otoxplore
Dhika
Dhika
Mr. OtoMen
Mr. Otome
SW218
Sw218
Holiday Driving Experience
Holiday D

Video

logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter