logo

bg-h4-whiteKolumnis


Rabu, 14 Nov 2018 | 10:49

VLOG: Riding Test Yamaha FreeGo, Velg 12" Bikin Handling Mantap

Penulis : Elang - Editor : Elang
img1

img1

Elang

Hai Bro, hari Kamis pekan lalu YIMM memberikan kesempatan kepada rekan media dan blogger untuk melakukan sesi test ride 2 motor sekaligus yakni R25 dan FreeGo. Nah kebetulan Elang mendapatkan kesempatan test ride FreeGo lebih dulu sebelum New R25 di area parkir sirkuit Sentul. Seperti apa impresinya, yuk monggo dilanjut.

Yamaha FreeGo hadir menjadi motor Yamaha Indonesia pertama yang menggunakan velg rim 12". Tentu ini bikin kepo Elang gimana impresi berkendara di atas skutik ini, apakah bantet atau sama aja tingginya. Selain itu velg 12" yang dipakai juga menggunakan profil tapak lebar sehingga terlihat proporsional dilekatkan ban depan ukuran 100/90-12 dan belakang ukuran 110/90-12, enak diliatnya sob.

Yamaha FreeGo memang pantas disebut sebagai Amazing Matic dikelasnya berkat fiturnya yang bejibun. Bayangkan sob matic 125cc harga 19 jutaan sudah tersemat fitur-fitur canggih, sebut saja smart key system atau keyless, bagasi luas 25 L, speedometer digital yang komplit informasi dan terobosan baru pengisian bahan bakar dari dek depan tanpa perlu membuka jok.

Belum lagi jika nambah gak sampai 3 juta sudah mendapatkan versi tertinggi S-ABS yang sudah dibekali fitur ABS di rem depannya. Nah kebetulan saat sesi test ride kemarin YIMM menyediakan versi tertinggi FreeGo S-ABS, sip deh langsung gas buat tau impresinya.

Ergonomi FreeGo

Coba duduk di atas jok skutik ini, joknya lumayan lebar namun sedikit agak keras jika dibanding matic-matic Yamaha lainnya seperti LEXi. Dengan tinggi 167cm kedua kaki Elang bisa napak sempurna, kebetulan lagi pakai sepatu safety. Ruang kaki di atas dek ternyata cukup lega, lebih lega dari Mio S yang juga terkenal lega ruang kakinya.

Coba nyalakan mesin, walau FreeGo belum menggunakan 4 valve VVA namun sudah dibekali SMG (Smart Motor Generator), hasilnya saat menyalakan mesin terdengar alus pake banget sob. Melihat dashboard speedometer ada indikator ECO juga nih seperti di Mio S, jadi bisa jadi pedoman kalau mau riding irit BBM.

Handling dan Performa

Oke setelah mesin menyala Elang mulai riding mengikuti captain, getaran mesin Elang rasakan minim di FreeGo ini, gak sampai menjalar ke setang. Untuk tarikan awalnya feelnya sama dengan Mio 125 series, wajar ini belum VVA. Dipakai slalom di jalur yang dibuat panitia, skutik ini termasuk stabil, feel suspensi FreeGo termasuk agak keras seperti Mio series, jadi wajar handlingnya antep.


Kolumnis adalah fitur citizen journalism, setiap konten (teks, foto, video dan infografis) menjadi tanggung jawab kolumnis (penulis) itu sendiri. Redaksi Otojurnalisme.com tidak bertanggungjawab atas segala tuntutan dari pihak manapun atas konten yang ditayangkan oleh kolumnis.
SHARE THIS ARTICLE :

Profile

Elang
elang.otojurnalisme.com

Join Date : Rabu, 19/10/2016 19:57

Pojok Kolumnis


Rilis
Rilis
ARIPITSTOP
Aripitsto
Elang
Elang
OtoXplore
Otoxplore
Dhika
Dhika
Mr. OtoMen
Mr. Otome
Otowheel
Otowheel
SW218
Sw218

Video

logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter